• Team Smart Entrepreneur Coaching

Kenapa Jadi Pengusaha Enak?

PHK massal mulai terjadi di seluruh dunia akibat virus corona (COVID-19). Dikutip dari majalah online Tempo, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, mengatakan bahwa jumlah pekerja yang telah dirumahkan dan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat corona sudah mencapai 6 juta orang. Jutaan orang ini berada di persimpangan; apakah mereka ingin mulai usaha, bekerja untuk diri mereka sendiri atau terus menunggu kepastian dan uluran tangan perusahaan untuk menerima mereka?

Artikel ini dan seluruh artikel yang dimuat sesuai kategori “Cara Mulai Bisnis” bertujuan untuk memberikan wawasan bagi anda pembaca untuk mulai berbisnis.

Salah satu fondasi penting dari pengusaha adalah keyakinan bahwa ia ingin dan bisa jadi pengusaha. Untuk membangun keyakinan, anda harus tau dulu apa enaknya jadi pengusaha? Bagaimana realitas hidup seorang pengusaha? Apakah iya semua orang bisa jadi pengusaha sukses dan kaya?



Yuk buka usaha sendiri

Apa Enaknya Jadi Pengusaha?
  1. Peluang mendapatkan uang berkali-kali lipat lebih banyak daripada bekerja di perusahaan orang lain. Dengan upaya, keringat, dan stress yang mirip dengan bekerja di perusahaan orang lain, anda bisa mendapatkan uang lebih banyak jika fokusnya dikerahkan ke bisnis anda sendiri.

  2. Tidak buang-buang waktu melakukan sesuatu yang bukan passion anda.

  3. Bekerja sesuai dengan ritme, keyakinan, dan kesukaan anda.

  4. Fleksibilitas waktu yang tinggi. Bisa datang ke acara sekolah anak, hadir di pertemuan komunitas, atau ikut event musik / sosial / politik kapanpun. Boleh liburan selama apapun.

  5. Bisa membangun kegiatan sampingan yang bermakna; sambil jadi pengusaha anda bisa jadi politikus, aktivis, melakukan proyek sosial yang anda senangi, atau jadi olahragawan sebagai hobi.

  6. Tidak ada yang suruh-suruh anda. Semua yang anda lakukan, karena anda memutuskan untuk melakukannya.

  7. Memiliki kepuasan pada diri sendiri karena bisa membantu orang lain dengan menyediakan lapangan kerja, memberikan nilai tambah dari produk/jasa, dan menghadirkan solusi atas masalah konsumen.

  8. Anda merasa berbangga diri dan memiliki kepercayaan diri lebih tinggi.

  9. Anda tidak mungkin di PHK lagi seumur hidup.

  10. Gaya hidup yang lebih sehat. Karena anda punya fleksibilitas waktu, anda bisa berolahraga, ikut event menyehatkan seperti Color-Run, belajar masak, coba restoran vegetarian, jalan-jalan di hutan kota atau ke pinggir pantai.

Bagaimana Realitas Hidup Seorang Pengusaha?

Orang yang sukses PASTI PERNAH GAGAL berkali-kali. Kita ambil contoh orang-orang sukses yang luar biasa, Thomas Alva Edison. Penemu lampu yang sekolah hanya sampai kelas 3 SD dan tidak pernah sekolah lagi ini, pernah gagal sebanyak 9.947 kali sebelum berhasil menemukan lampu. Bayangkan kalau dia gagal 10 kali atau 100 kali atau 1.000 kali, lalu menyerah dan berhenti. Pasti tidak akan ada lampu sekarang. Colonel Sanders, penemu Kentucky Fried Chicken (KFC) pernah gagal 1.090 kali. Dia memulai usaha pada umur 65 tahun dan baru ada hasil di usia 88 tahun. Kedua tokoh ini memiliki kesamaan; mereka berani gagal ribuan kali dan mencapai hasil yang luar biasa. Puluhan tahun bahkan satu abad kemudian, nama dan pencapaian mereka masih dikenal oleh dunia.

Nah, kenapa tokoh sekaliber Thomas Alva Edison dan Colonel Sanders bisa sampai gagal ribuan kali? Sadari bahwa di zaman mereka belum ada yang namanya seminar, motivator, buku-buku bisnis, internet, dan hasil penelitian yang bisa diakses dengan cepat. Transfer informasi masih sangat tradisional dan lambat. Kita harus bersyukur karena lahir di zaman yang menawarkan begitu banyak peluang untuk meminimalisasi jumlah kegagalan kita.

Sebuah penilitian mengatakan jangan berhenti mencoba sebelum gagal 21 kali. Apa artinya? Kalau seseorang gagal 5 kali lalu menyerah dan berhenti, ini berarti gagal masih menakutkan bagi orang tersebut.

Tatkala seseorang sudah pernah gagal 21 kali, dia telah terbiasa dengan kegagalan sehingga dia akan punya predikat baru yaitu ulet.

Orang yang ulet tidak pernah putus asa, bahkan ketika usahanya yang ke-21 gagal. Dengan terbiasa gagal, gagal itu sudah seperti menyatu dengan dirinya sehingga dia tidak takut lagi. Di lain sisi dari terbiasa dengan kegagalan, tanpa disadari, dia sesungguhnya juga membangun kebiasaan untuk bangkit dan mencoba lagi! Inilah sejatinya orang yang ulet dan gigih berjuang. Seorang pengusaha.

Apakah semua orang bisa jadi pengusaha sukses dan kaya?

BISA. Banyak sekali resep untuk menjadi pengusaha sukses dan kaya. Semua dimulai dari mengenali diri anda sendiri. Coba tanyakan pada diri anda, ingin menjadi sekaya apa saya? Siapa tokoh terkenal yang kekayaan, gaya hidup, atau jenis usahanya sesuai dengan keinginan saya? Jika tokoh tersebut menulis buku, belilah bukunya! Jika tokoh tersebut punya akun Facebook, Instagram, atau YouTube ikutilah dan pelajari rahasia sukses dia! Sukses dimulai dari mimpi. Anda harus memiliki mimpi lalu memberikan referensi pada mimpi tersebut. Tokoh terkenal pilihan anda ini berfungsi untuk memberikan gambaran apa yang harus anda lakukan SEKARANG supaya 10-20 tahun dari sekarang bisa menjadi seperti tokoh tersebut. Amati, tiru, modifikasi!

Ikuti postingan blog selanjutnya untuk mendapatkan kiat-kiat memulai usaha yang benar! Bisnis jangan asal-asalan. Belajarlah ilmu bisnis, lalu segera take action!

125 views0 comments